s e a r c h i n g

Ternyata, Covid membuat kami lebih kuat. Tapi kalau mau tambah kuat, plis, jangan datengin semacam Covid lagi. itu aja udah cukup banget. Ha...

HARI INI 4 TAHUN LALU (COVID)

Ternyata, Covid membuat kami lebih kuat. Tapi kalau mau tambah kuat, plis, jangan datengin semacam Covid lagi. itu aja udah cukup banget. Hari ini, 4 tahun lalu, disiarkan bahwa wabah Covid sudah sampai di Indonesia. Berikut 10 slide (peristiwa) pilihan dari apa yang kami lakukan yang diam-diam menjadi semacam dasar Tutbek selanjutnya untuk (jika ingin bersama-sama, ayok…), melompat lebih tinggi (lagunya Sheila on 7)


Tutbek direncanakan akan istirahat selama 6 bulan ke depan selama 2020, karena saya akan melanjutkan studi singkat di Jakarta sambil mudik bersama keluarga. Rencana itu sudah matang sejak #HappyTutbekDay 2019. Semacam refreshing dan kumpul bersama keluarga sepertinya jadi pilihan tepat setelah full di 2019 dan M Bloc Music Gallery adalah jadi rancangan lapak terakhir (Feb, 2020).

Tahun 2020 dibuka oleh banjir di Jakarta, ketika kami sampai di rumah Jakarta. Gileee…. Bagaimana ini? Sementara harus sekolah, semantara banjir. Walaupun dulu sering merasakan hal yang sama, tapi sekarang beda, karena sudah ada anak bini. Haa… Mobil yang rencana digunakan untuk sekolah, terendam seukuran ban mobil. Kami motoran bertiga untuk sekolah. Kenapa bertiga, karena Hagia harus juga tetap jalan-jalan, keluar rumah. hari ke 7 baru mobil bisa digunakan, harus digunakan lebih tepatnya. Untuk persiapan loading dagangan ke M Bloc Music Gallery. Beberapa teman baru silih berganti datang ke lapak. Ada beberapa teman-teman dari Jogja yang sengaja mampir untuk sekedar kangen-kangenan aja. Seru, karena diajakin juga di tiup lilin ulang tahunnya mas Wendi, hee..

Tak terasa masa pendidikan hampir usai, bertepatan dengan Melbi manggung lagi bareng mas Danto di LIB Space, tempatnya mas Farid Stevy. Tiket sudah di email, aman. Siapa juga yang gak mau nonton Melbi, yekan??? Kok ndilalah ditawarin ikut jualan merch di sana, ya gas lah. Kebetulan kami ada merch totebag Melbi dan Sisir Tanah. Yes, bisa pulang Jogja lagi.

Pulang ke Jogja disambut konser Melancholic Bitch (sekarang Majelis Lidah Berduri) di Libstud yang ternyata jadi pertemuan terakhir kami dengan teman2 dekat secara fisik. Apa yang dilakukan kemudian? Sebulan pertama jadi parno karena konsumsi media online jadi gila-gilaan, angka-angka seperti berputar di kepala tanpa henti sambil menghitung tabungan dan lebih rajin chat teman2 sekedar bertanya kabar. Runyam lah waktu itu. Sampe gak fokus gegara parno. Tim Tutbek harus dibubarkan karena angka semakin ketat.

Di sela sendiri di studio, masuk tawaran dari mbak Lani untuk membuat open donasi dari merch Sri. Dilanjut membuat program open donasi sendiri, #LawanCoronaSebijaknya yang sebagian keuntungannya disetorkan ke kitabisa.com. Sempat juga membuat merch Iksan Skuter khusus masa pandemi. Itu setelah kita telponan hampir 2 jam, untuk saling menguatkan, aslinya saya sih yg butuh dikuatkan. Setelah itu diajak Pehagengsi untuk ORDERDISORDER

ORDERDISORDER dari teman-teman Pehagengsi membuat suasana tampak hidup. Terlebih otak kreatif kita, jangan sampe gak kerja. 3 episode dari sebelum sampai hampir lebaran digelar dengan menampilkan pembicara dari brand-brand keren di Indonesia. Kebetulan saya jadi host-nya. Pikiran kacrut tentang Covid tetiba terselamurkan karena aktivitas kreatif yang membakar otak itu. Juga sambutan dari para peserta yang ampun-ampunan banyaknya, sampe luar negeri juga. Haa…


Ujian datang lagi di hampir ujung ramadhan. Ibu saya meninggal karena komplikasi yang dipicu oleh jatuh di kamar mandi. Komplit! Hanya Hagia dan Hindra, anak dan istri saya yang menghibur saya dengan nyanyi, gambar dan beraktivitas bersama di dalam rumah. Saling menghibur lebih tepatnya, sambil merapal doa dalam hati, iki kapan rampunge?

Sampai sekarang kami terus berjuang bagaimana bisa saling bermanfaat satu sama lain. Owh, iya, pada akhirnya, kami benar-benar istirahat waktu itu, bahkan seluruh dunia, karena pandemi. Sehat-sehat ya kalian…

Salam,
R.M. Maya
Inisiator Tutbek

Tutbek Covid’s timeline (2020)
Jan
Collabs bareng Merah Bercerita

Ikut lapakan di rilis buku Bingung - Iksan Skuter
Collabs bareng Sangkakala & The Brandals
M Bloc Music Market

Garap merch film Tilik
Garap merch Festival Musik Tembi



0 comments: