s e a r c h i n g

RIYADI PRABOWO  |  RANGGO KRESEK PSA (Public Service Announcement) ini adalah hasil karya saya bersama teman kelompok saya, yang m...

HAPPY TUTBEK DAY | RIYADI PB | RANGGO KRESEK

RIYADI PRABOWO  |  RANGGO KRESEK



PSA (Public Service Announcement) ini adalah hasil karya saya bersama teman kelompok saya, yang merupakan output dari tugas mata kuliah copy writing di kampus.

Awalnya ada sekitar 15 brand yang kami presentasikan kepada dosen pembimbing kami; Erwan Sudiwijaya. Tetapi setelah brand tersebut mendapat kurasi, ternyata dosen kami malah tertarik pada salah satu insight yang dimiliki produk “Toko Tutbek Onlen” yang kebetulan saat itu merupakan brand yang saya bawa.

Saat itu yang jadi menarik untuk kami bahwasanya yang beliau pilih untuk digali sebagai pesan untuk iklan tersebut bukan dari keunggulan produk, melainkan dari gagasan yang dimiliki oleh “Toko Tutbek Onlen” sendiri yaitu “Happy Tutbek Day”.

“Happy Tutbek Day” adalah suatu campaign yang digagas oleh Rifqi Mansur Maya yang akrab dipanggil Kikiretake (owner Toko Tutbek Onlen) sebagai bentuk dukungan terhadap “No Plastik Day World” yang ditetapkan pada tanggal 03 juli setiap tahunnya. Kikiretake melakukan crafting untuk merayakan hari tersebut, dengan cara membagikan Totebag kepada wisatawan yang datang ke Kota Yogyakarta pada hari itu, kebetulan pada saat itu (03 juli 2015) saya mendapatkan kesempatan untuk merealisasikan gagasan beliau serta turut merayakan hari itu.

Setelah proses sharing, riset, kurasi, dan produksi selesai. Disini kami mengangkat sebuah issue yaitu undang-undang penggunaan kantong plasik yang baru saja dikeluarkan pada tanggal 21 februari 2016 oleh pemerintahan Indonesia.

Kami mengimplementasikan keresahan dari apa yang kikiretake lakukan, yatu sebuah output Print Ad sederhana dengan tagline

”Keputusan kecil anda berdampak besar untuk bumi”.

Dibalik proses belajar kami dengan karya yang sangat kacangan ini, juga demikian  kesederhanaan “Happy Tutbek Day” yang kikiretake rayakan. Ada sebuah kesan tersendiri yang kami rasakan dan sebuah pesan yang coba kami sampaikan.

Sekecil apapun kesadaran itu, setidaknya mas kiki telah berbuat dan kami tengah belajar untuk memvisulisasikannya.

HAPPY TUTBEK DAY, epriwan.

Riyadi Prabowo


Yogyakarta, 14 juli 2016.


0 comments: