Rabu, Januari 20, 2016

#SupportLocalHeroes: LARAS; Studies of Music in Society oleh Irfan R. Drajat

#SupportLocalHeroes
Leilani Hermiasih (Frau). Dok. LARAS
LARAS; Studies of Music in Society, merupakan komunitas studi yang mengkaji topik-topik terkait keterjalinan musik dalam masyarakat. Kelompok kerja Laras terdiri atas RizkySasono (co-founder), Leilani Hermiasih (co-founder), Michael H.B. Raditya, dan Irfan R. Darajat. Alih-alih memperlakukan musik sebagai produk atau teks stagnan dan melepaskannya dari konteks sosial, Laras berkiblat mempertunjukkan musik sebagai fenomena kultural yang dinamis dalam proses-proses produksi, distribusi, serta konsumsinya. Laras menyelenggarakan diskusi dan riset dengan topik-topik relevan serta aktual dalam masyarakat kita.

Program yang dijalankan LARAS sementara ini mencakup dua kegiatan, yaitu Program diskusi Preliminary Notes dan Forum Peneliti. Forum Diskusi Preliminary Notes diselenggarakan dengan bekerjasama dengan Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjosoemantri UGM. Topik-topik yang pernah dibawakan diantaranya melingkupi hubungan musik dengan politik, distribusi ekonomi, agama, dan gender. Pembicara-pembicara yang pernah berbagi di sini meliputi dosen ilmu sosial seperti Wisnu Martha (FISIPOL UGM) dan Ahmad Munjid (S2 CRCS UGM), peneliti budaya seperti Antariksa dan Nuraini Juliastuti (Kunci Cultural Studies), hingga musisi seperti Irfan R. Darajat (Jalan Pulang) serta S. M. Damar Panuluh / Noe (Letto). Peserta diskusi yang hadir sejumlah 40 – 90 orang.

Sedangkan Forum Peneliti merupakan forum yang mewadahi peneliti, penulis, pemusik atau siapa saja yang ingin terlibat dalam sebuah penelitian terkait musik dan masyarakat. Forum peneliti yang pertama telah diadakan oleh LARAS dan hasil penelitian yang terkumpul akan diterbitkan menjadi sebuah bungai rampai atau jurnal. Buku ini diharapkan menjadi perwujudan suara penuh dari perkembangan

Laras sebagai kelompok studi kolektif. Terbitan ini dibuka dengan catatan editor dari Leilani Hermiasih dan catatan penutup dari Ketua Jurusan Prodi Paskasarjana Seni Pertunjukan dan Seni Rupa UGM, Lono Lastoro Simatupang. Bekerjasama dengan Penerbitan Tan Kinira, ilustrasi untuk terbitan ini digarap oleh perupa Prihatmoko Moki yang aktif di KrackStudio, Yogyakarta. Dua ilustrasi terpilih akan menjadi artwork untuk merchandise kaos dan totebag yang juga dijual sebagai paket donasi.

Salah satu merchandise yang dihadirkan dalam rangka penggalangan dana untuk program kerja LARAS adalah tas serbaguna atau disebut juga totebag. Dalam hal ini, LARAS bekerja sama dengan Tutbek yang telah bersedia bekerja sama dalam mewujudkan hal ini. Laras merasa sangat terbantu dan bersyukur dapat bekerja sama dengan Tutbek melalui program #SupportLocalHeroes yang terus dihidupkan oleh Tutbek. Hal ini memberikan kesempatan dan kemungkinan bagi komunitas apapun untuk terus bergerak maju dan mandiri.

Tentang LARAS dan Pemesanan merchandise:
Twitter: @infoLARAS
Instagram: @infolaras